Anette Moldvaer: Lingkar-lingkar Rasa

Kopi menawarkan serentang aroma dan rasa yang kompleks. Kenali seluk-beluk rasa untuk mengapresiasi yang terbaik dari kopi Anda.
Tidak sulit untuk mempertajam indra pencicip Anda; dengan sedikit latihan—kian banyak yang Anda ‘cecap’—Anda akan lebih mudah membedakan antarkopi. Keempat lingkar rasa ini berfungsi sebagai petunjuk—simpanlah sebagai rujukan ringkas dalam membantu Anda mengenali dan membandingkan aroma-aroma, rasa, tekstur, tingkat keasaman, dan pascacecap kopi.


Empat Lingkar Rasa | Anette Moldvaer, 2014: 26–27 | Klik di sini untuk mengunduh atau kontak Faber bila kesulitan.



Cara Menggunakan Lingkar Rasa
Pertama-tama kenali citarasa utama dengan menggunakan lingkar rasa yang besar, asahlah sampai ke profil rasa yang mendetail. Selanjutnya, gunakan lingkar keasaman, tekstur, dan pascacecap untuk membantu Anda menganalisis sensasi fisik pada lidah.

1.Seduhlah secangkir kopi
Hirup aroma kopi itu, rujuk lingkar rasa, dan indentifikasi. Misalnya, apakah Anda merasakan jejak rasa kacang-kacangan; bila ya, apakah yang tercecap ini mengingatkan Anda pada hazelnut, kacang tanah, atau almond?

2.Seruputlah
Lihat sekali lagi lingkar rasa tersebut. Apakah ada jejak rasa buah-buahan atau nuansa rasa rempah? Tanyakan kepada diri Anda sendiri apa yang terlewat dan apa yang kuat. Kenalilah kelompok-kelompok besar rasa tersebut, semisal fruiti, lalu beranjaklah ke dalam detail—tentukanlah apakah yang Anda cicip itu lebih mendekati rasa sitrun atau buah-buah berbiji. Bila sitrun, apakah itu lemon atau jeruk bali?

3.Seruput sekali lagi
Dalam suatu tingkat yang tergolong nyaman, keasaman memperkuat kesegaran kopi. Apakah Anda merasa bahwa kopi tersebut ringan, intens, lembut, atau datar?

4.Pusatkan Perhatian pada Tekstur
Kopi bisa ringan maupun berat. Apakah Anda mencecap sesuatu yang halus dan padat di dalam mulut atauhkah ringan dan menyegarkan?

5.Telan
Apakah rasa kopi itu bersitahan untuk beberapa lama atau menghilang? Apakah pascacecap kopi itu terasa netral, pahit, atau tidak menyenangkan? Tentukan apakah ada istilah dari lingkar rasa yang cocok dengan kopi Anda.

Diambil dari Anette Moldvaer. 2014. Coffee Obsession. London: DK Publishing; 
diterjemahkan oleh Ining Isaiyas

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar