Penetes Kertas: Panduan Seduh

Terima kasih kepada Mitsunori Saitoh dan Fumio Miyahara. Dua orang yang tercatat sebagai penemu filter penetes kertas. Belum banyak cerita soal bagaimana dan di mana kedua orang tersebut menciptakan filter saring kertas yang amat praktis ini tetapi peranti seduh itu sudah mulai didaftarkan paten sejak 30 Juli 2001. Peranti seduh ini terdiri dari dua bagian utama: [1] kantong saring dan [2] tangkai lipat gantung; sila lihat gambar di bawah.
Salah satu model penetes kertas; gambar diambil dari AliExpress

Peralatan
1.      Gelas/cangkir atau bejana apa saja yang volumenya Anda ketahui
2.      Arloji, pengatur waktu ponsel atau apa saja. Kalau tak ada Anda bisa menghitung jumlah napas Anda: dalam kondisi tenang satu tarikan dan embusan napas berkisar + 3 detik :p.
3.      Teko dan pemanas air

Bahan
1.      Bubuk kopi dalam penetes kertas: + 15 gram
2.      Air

Cara
1.      Didihkan air sampai bergumpal-gumpal
2.      Tunggu suhu air turun. Proses penurunan suhu teko tutup terbuka kurang lebih 28-30 detik per derajat Celcius setelah suhu mencapai 93o C [pada ketinggian + 100 mdpl]. Tentukan suhu yang Anda inginkan! Kira-kira waktu tunggu penurunan suhu sebagai berikut:
o   93o C: 3 menit
o   92o C: 3 menit 30 detik
o   91o C: 4 menit
o   90o C: 4 menit 30 detik
o   89o C: 5 menit
o   88o C: 5 menit 30 detik
o   87o C: 6 menit
3.      Sembari menunggu suhu air turun, gunting atau buka rekatan pada penetes kertas Anda lalu taruh di atas gelas.
4.      Apabila suhu sudah mencapai yang Anda mau, basahi kopi dengan air. Biarkan kopi mengembang sekira 30 detik sampai 1 menit. Kalau umur sangrai kopi berkisar 1 minggu atau kurang, beri waktu kembang sekira 30–45 detik. Semakin tua umur sangrai beri waktu kembang yang semakin lama. Apabila umur sangrai 7 hari atau lebih beri waktu kembang sekitar 1 menit.
5.      Sesudah waktu kembang kopi terpenuhi, tuang air secara merata di atas permukaan kopi. Usahakan waktu seduh atau penuangan ini berkisar 3 sampai 4 menit demi keseimbangan rasa.
6.      Tentukan rasio yang Anda inginkan. Satu penetes saring berisi 15 gram kopi. Takaran ringan umumnya 1:15 dan kalau Anda menyukai kopi yang pekat gunakan rasio 1:10—satu gram kopi berbanding sepuluh mili air.
7.      Angkat penyaring!
8.      Nikmati :)

Ilustrasi video cara menggunakan filter kertas tetes sebagaimana yang disarankan oleh salah satu produsen peranti seduh tersebut.


Panduan ini sekadar rambu-rambu; pada satu atau dua kondisi terutama bila Anda mampu membaca situasi dengan amat baik dan siap menerima konsekuensi, rambu tak jadi soal kita abaikan bukan?

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar